Kita mencari persamaan ataukah perbedaan?

Kita terlalu sibuk mencari persamaan antara kita, sehingga lupa dengan berbagai perbedaan yang memisahkan kita. 😀 Jangan baper, tolong.

Saya punya dua project Laravel, sama-sama Laravel 5.3 dan di-track dengan Git, bedanya yang satu merupakan update dari 5.2 dan yang satunya lagi dibuat langsung versi 5.3. Daripada mempertahankan dua repositori Git terpisah, saya putuskan untuk menyatukan mereka. Karena versinya sama, saya anggap tak akan ada banyak kendala saat menyatukan. Tetapi ternyata ada beberapa perbedaan (diff) yang membuat konflik.

Langkah-langkah menyatukan dua repo itu saya dapatkan dari Stackoverflow^1.

# in proj2:
git remote add proj1 path/to/proj1
git fetch proj1
git merge proj1/master # or whichever branch you want to merge

Pada perintah terakhir di atas, terjadilah konflik tadi. Untungnya, ada git mergetool yang memanfaatkan Meld untuk melihat perbedaan dua file dengan cepat dan intuitif. Alhasil, perpaduan dua repo Git berlangsung lebih cepat dan efisien, tanpa me-resolve konflik secara manual.

Install Laravel 5 di Server Nginx

Laravel adalah framework PHP yang sedang populer. Diprakarsai oleh Taylor Otwell, Laravel merupakan sebuah framework yang “ekspresif”. Laravel mengandalkan Composer sebagai manajer dependensi. Ia juga dipersenjatai dengan Artisan command line interface yang sangat membantu para “tukang” website. Perintah Artisan membutuhkan versi PHP minimal 5.5 untuk Laravel versi terbaru saat ini.

Dalam tulisan ini saya menjelaskan cara men-setup Laravel pada server yang menggunakan Nginx (biasa disingkat LEMP). Di samping semua kebutuhan PHP (FPM), MySQL, dan Nginx, kita perlu mengaktifkan modul PHP Mcrypt jika server belum mengaktifkannya. Continue reading “Install Laravel 5 di Server Nginx”

E-book pertama yang dibeli

Tahun ini ada beberapa hal baru yang saya dapatkan. Salah satunya bisa membeli e-book. Buku elektronik pertama yang bisa saya beli ini adalah Menyelami Framework Laravel. Pada #harbolnas pada tanggal 12 Desember kemarin, mas Rahmat Awaludin, sang penulis buku memberikan diskon 50% atas semua buku Laravelnya. Nah, kebetulan sekali, sudah lama saya janji akan membelinya tapi belum kesampaian. Semoga bisa bermanfaat buat saya untuk ke depannya.

ebook laravel