Tentang blog

Ringkasan:

Blog ini tercipta karena keingintahuan penulis tentang engine blog Hugo dan hosting di Firebase. Terinspirasi oleh salah satu posting di blog Pak Ariya tentang kedua teknologi yang dipakai untuk blognya tersebut. Alasan lain penulis juga sama dengan tulisan yang menginspirasi tadi, yaitu karena kejenuhan atas Wordpress.

Blog ini tercipta salah satunya karena keingintahuan penulis tentang static site generator bernama Hugo. Beberapa hari sebelum blog ini terbit, penulis menemukan sebuah posting di blog Pak Ariya tentang migrasi blognya ke Hugo dan Firebase. Dari situ penulis merasa penasaran, apa sih kelebihan Hugo, dibandikan Jekyll, yang lebih dahulu penulis kenal, dan masih digunakan untuk blog lainnya.

Alasan lain penulis kurang lebih karena kejenuhan atas Wordpress. Ya, subdomain yang dipakai blog ini tadinya dipakai untuk Wordpress. Dan faktor penyebab yang lebih kuat adalah penggunaan Firebase sebagai hosting file statis (HTML, CSS, JS, gambar, dll) dari Hugo ini.

Pada dasarnya Hugo yang merupakan aplikasi Golang, membuat/menyusun struktur website luring dari konten-konten yang dibuat dalam format Markdown dan ditetapkan pengaturan tentang misalnya permalink, tema, archetype, dll. yang membentuk kesatuan website nantinya. Hugo menyusun semuanya menjadi file-file HTML statis dan seluruh aset-aset yang dibutuhkan ke susunan direktori yang teratur, yang nantinya bisa diakses oleh browser dengan mudah.

Dari sini, kita tinggal mengunggah file-file statis tadi ke sembarang penyedia layanan hosting. Nah mulai dari sinilah Firebase Hosting beraksi. Firebase yang akhir-akhir ini namanya meroket, menjadi pilihan untuk menyimpan file-file statis. Selain karena ingin menjajal teknologinya, juga karena ada nama Google di baliknya, yang sudah tentu tak perlu diragukan keandalannya.

Semoga blog ini bermanfaat.