Reset KDE dengan mudah

Satu lagi yang membuat saya suka KDE: reset dengan mudah. Kemarin saya utak-atik tampilan Kubuntu, biar tidak bosan. Ada satu setting yang membuat desktop freeze, atau nge-hang istilah kerennya. Terpaksa saya pencet CTRL+ALT+1 untuk login ke tty, terus killall -u bedouin. Lalu muncul tampilan LightDM, dan login kembali ke KDE. Di tengah proses loading desktop, KDE freeze lagi, dan lagi. Untungnya saya juga menginstall beberapa desktop lain. Jadi, masih bisa mencari bantuan dari Kakek Goo Gle, kalau mau. Tapi saya tiba-tiba teringat kejadian yang sama sebelumnya. Saya cukup ke Terminal dan memerintahkan mv ~/.kde ~/.kde-hang. Kemudian login ke KDE lagi. Dan akhirnya KDE pulih kembali seperti sedia kala.

snapshot-reset-kde
KDE kembali ke konfigurasi default. Layar saya seperti ada 2, tapi sebenarnya hanya 1 monitor, dan yang lainnya adalah output dari LVDS, yang sampai saat ini saya belum mengerti kegunaannya yang sesungguhnya.

Ingin mencoba KDE Plasma terbaru

Belum lama ini, Kubuntu dan Fedora merilis versi terbarunya. Kubuntu merilis versi 15.10 dengan nama kode Willy Werewolf. Sedangkan Fedora merilis versi 23 yang paling mutakhir. Saya pilih Fedora Workstation yang KDE. Keduanya membawakan KDE versi terbaru dengan Plasma 5 yang menghadirkan suasana KDE yang segar. Jadi bingung mau instal yang mana…

Selamat Tinggal

Selamat tinggal

Hal yang sudah lama tertunda ini akhirnya harus saya lepaskan. Pesan dari guru saya, jangan ngoyo, bisa-bisa jadi pikun. Saya tidak ingin ngoyo untuk mempertahankan keinginan itu: membuat ebook tentang instalasi program di Ubuntu secara offline. Dengan perkembangan pengguna Ubuntu sekarang ini, saya merasa yakin untuk menghapus catatan yang sudah menghiasi desktop KDE saya itu sejak lama. Sayounara

Membuat hotspot dengan Wifi dongle di Kubuntu

Wifi hotspot sudah bertebaran di mana-mana. Tapi tidak semuanya bisa kita konek dengan semaunya. Jika punya PC atau laptop yang bisa broadcast, maka kita bisa membuat access point sendiri. Dan kali ini saya mau share cara membuat AP dengan komputer Kubuntu. Versi Kubuntu yang bisa adalah minimal 14.04.

Saya pakai wifi dongle murahan dengan driver Ralink. Info di lsusb:

Bus 001 Device 021: ID 148f:3070 Ralink Technology, Corp. RT2870/RT3070 Wireless Adapter

Jika punya laptop, coba cek dengan perintah:

lspci -k | grep -A 3 -i "network". 1

Lihat Kernel driver in use apakah termasuk dalam perangkat yang didukung di http://linuxwireless.org/en/users/Devices/USB/.

Konfigurasinya

Klik setting pada daftar koneksi di network widget di panel.

Klik Add — Wireless (shared).

Isikan sesuai kebutuhan.

Jangan lupa memberikan password untuk access poin itu.

Dan terakhir, klik Connect agar wifi mulai memancarkan sinyal. Dan kita pun bisa memanfaatkannya untuk ponsel atau perangkat yang lainnya.