Spam Facebook Video Mesum

Akhir-akhir ini di Facebook beredar spam berupa video bertajuk “pria ini mengunjungi teman yang sakit tapi seperti ini”. Saya pernah coba memutar video yang berdurasi 6 detik tersebut. Di akhir video, ada link ke short url yang disebut sebagai versi full video tersebut. Saya ikuti saja link tersebut. Dan sesuai dugaan saya, itu adalah semacam situs phishing. Tampilan website dibuat mirip seperti saat kita hendak login ke aplikasi facebook dengan akun kita. Tapi di website phising tersebut disuguhkan form login facebook. Padahal normalnya kita tinggal menyetujui otorisasi login dengan satu tombol saja, sedangkan sesi login facebook masih dalam keadaan login.

Akibat yang ditimbulkan jika kita login ke form tadi adalah bisa saja pemilik situs mengumpulkan kredensial (username dan password) akun fb kita, dan pastinya iya. Tentunya jika akun kita tidak diproteksi lebih ketat dengan kode autentikator, misalnya, maka si pemilik situs tadi bisa dengan mudah login ke akun kita. Dan akhirnya akun kita bisa menjadi sarang spam video mesum tadi, dengan skrip autocomment atau autolike. Dan saya sudah menjumpai banyak sekali komen-komen itu muncul di status atau kiriman di grup.

Fenomena lain yang terjadi di facebook adalah ajakan bergabung ke grup-grup geje. Dan semua grup yang saya temukan tersebut diambil alih oleh akun-akun yang nama-namanya seperti orang Vietnam. Mungkin ada hubungannya dengan spam video mesum tadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *