Nodame Cantabile, a Sort of Review

Liburan tahun baru minggu lalu, saya hanya di rumah. Gak ada acara OTW-OTW-an, seperti tahun lalu. Mungkin karena sudah ada beberapa teman yang menikah? Ah, tapi tahun lalu pun yang ikut ada yang sudah punya anak. Ya mungkin tahun ini spesies jomblonya semakin langka.

Nah, mumpung ada waktu luang, saya manfaatkan untuk nonton dorama 「ドラマ」 Nodame Cantabile [1]. Drama Jepang ini adalah drama yang sudah cukup jadul, tayang pada akhir tahun 2006. Diadaptasi dari man-ga yang terkenal, dengan judul yang sama. Versi animenya tayang selang 1 tahun setelah versi live action. Dan pada tahun 2014 dibuat remake live action versi drama Korea dengan judul Naeildo Cantabilre (Tomorrow’s Cantabile).

Drama ini ada 11 episode, ada 2 episode spesial yang tayang pada tahun 2008, serta dibuat juga filmnya yang tayang pada tahun 2009 dan 2010. Episode spesial dibuat karena versi man-ga belum tamat pada saat live action-nya dibuat.

Komentar saya

Drama ini berkisah tentang Noda Megumi (dipanggil Nodame), yang merupakan seorang mahasiswi sekolah musik yang pandai memainkan piano. Tokoh utama pria adalah Shinichi Chiaki, kakak kelas Nodame yang juga pandai memainkan piano serta biola. Cita-citanya adalah ingin menjadi konduktor, sehingga ia perlu menguasai banyak instrumen. Nodame adalah pribadi yang urakan, jorok dan semrawut walaupun punya kemampuan istimewa bisa memainkan kembali nada piano hanya dengan mendengarkan, tanpa partitur. Sangat kontras dengan Chiaki yang serba perfek, kecuali arogansinya.

Plot ceritanya bertutur tentang perjuangan Chiaki yang ingin menjadi konduktor musik. Ditambah dengan kisah percintaan yang tumbuh antara kedua tokoh utama. Yang membelokkan tujuan utama Nodame yang bercita-cita menjadi guru TK, berubah ingin mengejar prestasi Chiaki dengan menjadi pianis profesional dan tampil pada orkestra.

Tema musik klasik, piano, sekilas mengingatkan pada anime Shigatsu. Watak tokoh utama juga ada sedikit kemiripan. Chiaki yang jenius mirip dengan Kousei pada Shigatsu. Sedangkan Nodame yang hiperaktif juga sedikit mirip dengan Kaori. Perbedaanya adalah latar, di mana Shigatsu menceritakan anak SMP, sedangkan Nodame Cantabile lebih dewasa, di lingkungan kuliah.

Gue jadi suka nonton drama nih, kayaknya. Hahaha.

[1] http://wiki.d-addicts.com/Nodame_Cantabile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *