Cantata dan Raspberry Pi: Audio System Racikan Sendiri

Sebelumnya sudah pernah saya poskan tentang Cantata. Jadi, Cantata ini adalah Music Player Daemon (MPD) client, atau mpc versi GUI. MPD nya saya setup di Raspberry Pi yang always on. MPD itu sebenarnya saya setup untuk bel yang sudah diatur waktu play nya menggunakan cron job. Program untuk membunyikan bel tersebut adalah mpc yang memang tool command line untuk MPD.

Nah, daripada cuma digunakan sebagai bel terjadwal, sekalian saja database lagunya saya lengkapi dengan koleksi yang ada. Akhirnya jadilah Raspberry Pi itu sebuah sound system online, atau apalah itu. Selain Cantata, saya juga menggunakan MPDroid di ponsel.

Kali ini saya mau membahas sedikit fitur Cantata seperti yang tampak pada gambar. Seperti yang kita lihat, Cantata mampu menampilkan detil info lagu yang sedang diputar, sekaligus mencarikan lirik lagu jika tersedia.

Selain fitur tersebut, ada lagi fitur koleksi berdasarkan koneksi. Jadi kita bisa mempunyai beberapa koleksi yang berbeda berdasarkan server/ip dari database MPD. Selain itu ada juga fitur scrobbling Last.fm yang akan mengunggah riwayat play lagu-lagu kita ke profil last.fm kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *